Tips sehat selama bulan puasa, hindari cemilan kalori tinggi - SuaraRepublik.com

Breaking

BANNER 728X90

Sunday, May 28, 2017

Tips sehat selama bulan puasa, hindari cemilan kalori tinggi


Bulan Ramadan telah tiba. Seluruh umat muslim di dunia menyambut gembira bulan penuh berkah dan ampunan ini. Oleh karena itu setiap orang berlomba-lomba agar dapat menjalankan puasa dengan baik. Sebab puasa bukan hanya menahan lapar dan haus tapi juga menahan hawa nafsu.

Agar puasa tetap lancar hingga satu bulan penuh, umat muslim mesti menjaga kesehatan tubuh. Hal pertama dapat dilakukan dengan memperhatikan makanan saat berbuka dan sahur. Dikutip dari buku Sehat dan Bugar Selama Puasa Ramadhan dan Lebaran, karangan Prof Dr. dr. Anies, Guru Besar Ilmu Masyarakat dan Kedokteran Universitas Diponegoro.
Idealnya, ketika buka puasa dimulai dengan minuman manis yang hangat dan makanan ringan yang mudah dicerna.

Contohnya, seperti minum teh manis atau sirup, kurma dan pisang sebagai pendamping. Sementara kadar gula darah berangsur-angsur normal dan dapat ditinggal untuk salat maghrib lebih dulu. Selang setengah jam, dapat dilanjutkan dengan makanan pelengkap.

Ketika makan sahur, sebaiknya makan makanan yang mengandung zat gizi cukup tinggi. Menu makanan yang bisa mencukupi cadangan kalori, protein tinggi serta serat sehingga tidak cepat lapar. Misalnya, telur, keju, buah, sayuran dan biji-bijian.

Waktu sahur sangat dianjurkan makan buah. Sebab air yang terkandung di dalam buah dapat menjaga tubuh tetap hidrasi.

Akan tetapi, jangan banyak minum sekaligus. Baiknya dua gelas waktu sahur, dua gelas saat buka puasa dan empat gelas di malam hari dengan rentan waktu 1 jam. Penting juga untuk menghindari minum kopi dan teh karena akan menyebabkan haus berlebihan.

Hindari makan cemilan berkalori tinggi. Sebab makanan seperti itu mempunyai dampak negatif terhadap kesehatan, terutama kegemukan. Jaga suhu tubuh dan tetap hidrasi, jangan sampai dehidrasi.

No comments:

Post a Comment