About Me

header ads

Gelaran Ormik Universitas BSI, Hadirkan Semangat Belajar dari Maba

JAKARTA – Masa Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB), menjadi awal baru bagi mahasiswa baru (maba) sebelum memasuki kelas perkuliahan. Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) melangsungkan PKKMB, dengan 5 rangkaian acara.

Kegiatan pertama yakni acara Orientasi Akademik (Ormik) sebagai pengenalan lingkungan kampus kepada maba. Ormik Universitas BSI, berlangsung dari tanggal 6–10 September 2021 secara online, serentak diseluruh kampus Universitas BSI di Indonesia.

Pada tahun ini,  Ormik dan Semot, satu rangkaian acara, akan diadakan secara online dengan mengusung tema ‘Beyond Inspiration’. Dalam Ormik, maba akan dijelaskan tentang sejarah kampus, sistem perkuliahan, hingga administrasi akademik.

Menurut wakil rektor II non akademik Universitas BSI, Suharyanto, menyatakan bahwa, Universitas BSI memiliki caranya sendiri untuk menyambut mahasiswa baru.

“Tentunya dengan cara yang lebih edukatif, ceria, humanis, inspiratif dan kreatif. Salah satunya dengan mengadakan acara Orientasi Akademik atau biasa dikenal Ormik. Alhamdulillah telah terselenggara dengan lancar dan baik,” tutur Suharyanto, Jumat (10/9).

Ia menyampaikan, Ormik diadakan serentak di seluruh kampus Universitas BSI mulai dari Universitas BSI kampus wilayah Jabodetabek antara lain Universitas BSI kampus Fatmawati, Ciputat, Margonda, Cengkareng, Bogor A & B, BSD, Slipi, Kaliabang, Bekasi, Kalimalang, Salemba 22 dan 45, Kramat 98, Cibitung, Cikarang, Pemuda, Jatiwaringin, Dewi Sartika B, Cimone dan beberapa kampus PSDKU (Program Studi Diluar Kampus Utama) Universitas BSI di luar Jabodetabek.

“Selain di wilayah Jabodetabek, Ormik juga diselenggarakan secara online untuk Universitas BSI Kampus Karawang, Cikampek, Tasikmalaya, Sukabumi, Yogyakarta, Solo, Tegal, Purwokerto dan Pontianak yang merupakan kampus Universitas BSI yang berada di luar Jabodetabek,” jelasnya.

Ia mengemukakan, Ormik merupakan wujud implementasi Universitas BSI dalam penerimaan maba dengan menghilangkan kebiasaan masa orientasi dengan gaya perpeloncoan.

“Universitas BSI tidak pernah mengizinkan perpeloncoan, baik dalam bentuk perundungan, kekerasan, atau pelecehan dalam masa penyambutan mahasiswa baru. Apalagi di tengah pandemi seperti ini,” ujarnya.

Maka dari itu, Universitas BSI mengalihkannya, dalam bentuk kegiatan yang bernilai edukasi, kreatif dan inspiratif. Agar maba lebih semangat dalam berkuliah,” tutur Suharyanto.

Kegiatan yang serentak diadakan online ini, dibagi menjadi beberapa room melalui zoom cloud meetings dengan pengelompokkan sesi dan lokasi kampus berasal.
 
“Tak lupa, kami juga mengenalkan Ormawa, Belmawa dan Puspresnas, Prestasi, dan Beasiswa yang dimiliki Universitas BSI. Selain Ormik, PKKMB Universitas BSI punya rangkaian kegiatan lainnya. Diantaranya Semot (seminar motivasi), Seminar Tematik, NKBO (Ngobrol Kampus Bareng Orang Tua) dan kegiatan Ormawa (organisasi mahasiswa),” tandasnya.

Post a Comment

0 Comments