Pemudik mulai ramai menyeberang ke Jawa di Pelabuhan Gilimanuk - SuaraRepublik.com

Breaking

BANNER 728X90

Sunday, June 18, 2017

Pemudik mulai ramai menyeberang ke Jawa di Pelabuhan Gilimanuk


Jelang Lebaran, jumlah pemudik yang menyeberang ke Jawa terus mengalami peningkatan di Pelabuhan Gilimanuk, Bali. Peningkatan terjadi pada pemudik bersepeda motor dan mobil sejak malam hingga pagi ini.


Untuk sepeda motor antrean terjadi mulai dari loket tiket, sampai melewati pos pemeriksaan kendaraan. Sedangkan antrean mobil selain memenuhi areal parkir pelabuhan juga meluber sampai ke terminal maneuver.

Pemudik memilih mudik lebih cepat karena tak ingin terjebak kemacetan dan antrean panjang. "Kami rombongan dengan lima mobil untuk mudik ke Bandung. Memang sempat ngantre tetapi tidak lama," ujar Hidayat, asal Bandung, Senin (19/6).

Beberapa pemudik bersepeda motor juga mengaku pulang kampung mendahului karena kampung mereka jauh dan menghindari terjebak antrean panjang.

Sementara itu dari data di ASDP, Kapal yang dioperasikan sebanyak 33 unit dengan 275 trip. Penumpang yang menyeberang ke Jawa tercatat 30.804 orang, sepeda motor 5.852 unit dan mobil sebanyak 4.164 unit. Sedangkan pengguna jasa yang masuk Bali juga cukup banyak. Penumpang yang masuk Bali tercatat 16.825 orang, sepeda motor 894 unit dan mobil 3.301 unit.

Sementara itu, sampai H-6 pagi, penumpang yang menyeberang ke Jawa sebanyak 76.514 orang, sepeda motor 12.295 unit dan mobil 12.631 unit. Diperkirakan pada Hari ini Senin (19/6) jumlahnya akan bertambah mengingat mulai terjadi peningkatan arus mudik.

"Memang pemudik sudah banyak yang menyeberang. Sehingga mereka harus menunggu di parkir untuk giliran naik kapal. Tetapi penyeberangan tetap lancar," ujar Manajer Usaha PT ASDP Indonesia Ferry unit pelabuhan Gilimanuk Heru Wahyono.

No comments:

Post a Comment