Afi: Keberagaman Jadi Berkah dan Rahmat bagi Bangsa Indonesia - SuaraRepublik.com

Breaking

BANNER 728X90

Monday, May 29, 2017

Afi: Keberagaman Jadi Berkah dan Rahmat bagi Bangsa Indonesia

Afi Nihaya Faradisa, remaja asal Banyuwangi, Jawa Timur, yang tulisan inspiratifnya viral di media sosial mengatakan, keberagaman menjadi berkah, rahmat dan keuntungan bagi bangsa Indonesia.

Hal itu disampaikan Afi saat menjadi pembicara dalam acara "Talkshow Kebangsaan" bertajuk "Saya Indonesia, Saya Pancasila" di Auditorium Lantai 4 Fisipol UGM, Senin (29/05/2017).

Moderator talkshow yang merupakan salah satu dosen Fisipol UGM, Abdul Gafar menanyakan kepada Afi apa permasalahan kebangsaan saat ini.

"Afi apa sih menurutmu permasalahan kebangsaan kita?" tanya Abdul Gafar.

"Persoalan kebangsaan kita dewasa ini menurut pengamatan saya adalah masalah keberagaman," jawab remaja yang memiliki 458.315 pengikut di Facebook ini.

Dijelaskannya, keberagaman memang menjadi permasalahan fundamental di negeri yang majemuk seperti Indonesia. Padahal, keberagaman itu pada dasarnya diciptakan Tuhan.

Menurut Afi, keberagaman itu akan menjadi berkah, rahmat dan keuntungan bagi bangsa Indonesia jika disikapi secara bijak dan dewasa.

"Tetapi sayangnya sebagian dari kita tidak seperti itu. Keberagaman bisa mengancam diri kita jika tidak bisa menyikapinya secara benar," urainya.

Sikap yang benar dalam menyikapi keberagaman, imbuhnya, adalah tidak dengan memaksakan kehendak kepada orang lain. Tetapi justru dengan menghargai dan menghormati satu sama lain.

"Di negeri yang sangat beragam ini kita tidak bisa menunjuk orang lain kamu Jawa, kamu Kristen, Tuhanmu tidak benar yang benar Tuhan saya, tidak bisa seperti itu. Kita bebas meyakini, tetapi tidak perlu menunjukkan, menyodorkan atau apalagi memaksakan kebenaran kita ke orang lain," tegasnya.

No comments:

Post a Comment