Kemenangan Anies dan Ahok Ditentukan Pemilih Ini - SuaraRepublik.com

Breaking

BANNER 728X90

Wednesday, April 12, 2017

Kemenangan Anies dan Ahok Ditentukan Pemilih Ini

Pengamat politik dari Pusat Studi Islam dan Kenegaraan (PSIK) Indonesia Arif Susanto mengungkapkan, berdasarkan beberapa hasil survei, jarak besaran dukungan antara Ahok dan Anies kini tidak jauh berbeda. Bahkan, menurutnya pemilih loyal kedua pasangan tersebut, setara jumlahnya dibandingkan putaran pertama.

Maka dari itu, pemilih yang belum menentukan pilihannya (undecided voters) lah yang akan menentukan siapa dari kedua Paslon yang suaranya lebih unggul. "Pemilih loyal keduanya setara jumlahnya dibandingkan putaran pertama. Maka, suara undecided voters akan cukup menentukan," kata Arif, Kamis (13/4).

Arif kemudian menjelaskan, sebagian besar dari pemilih yang belum menentukan pilihannya adalah kelas menengah ke atas, sehingga memiliki pandangan yang lebih rasional. Sehingga, pilihan mereka akan sangat dipengaruhi oleh hasil debat resmi terakhir yang diselenggarakan KPU pada Rabu (12/4) malam.

"Saya cenderung melihat bahwa pemenang debat tersebut memiliki peluang lebih baik untuk memenangi Pilkada Jakarta 2017," ucap Arif.

Selain itu, cara lain untuk menarik suara undecided voters menurutnya adalah dengan mengedepankan isu kinerja. "Umumnya,undecided voters lebih peduli pada isu kinerja dibandingkan isu lain yang cenderung bersifat emosional," terang Arif.

No comments:

Post a Comment