About Me

header ads

Longsor di Sukabumi Mengakibatkan Kerusakan Pada Rumah Warga

Bencana longsor menyebabkan satu unit rumah mengalami kerusakan di Desa Tenjolaya, Kecamatan Cicurug Kamis (9/3). Peristiwa tersebut terjadi pada Kamis dini hari setelah wilayah Sukabumi diguyur hujan deras.

Longsor tersebut terjadi di Kampung Cigadog RT 06 RW 03 Desa Tenjolaya, Kecamatan Cicurug. "Sebagian rumah bagian dapur dengan ukuran 4x6 meter ambruk terbawa longsor," terang Koordinator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Yana Suryana Jumat (10/3).

Rumah tersebut kata dia merupakan milik Kandar (55 tahun) dan dihuni oleh lima orang anggota keluarga. Beruntung, ke lima warga yang ada di dalam rumah tersebut berhasil menyelematkan diri. Diterangkan Yana, bencana tersebut juga menyebabkan saluran air yang di dekat permukiman warga tertutup longsor.

Diperkirakan total kerugian akibat bencana tersebut mencapai sekitar Rp 30 juta. Yana menambahkan, warga di sekitar lokasi longsor diminta mewaspadai bencana longsor. 

Saat ini intensitas hujan yang mengguyur wilayah Sukabumi masih cukup tinggi. Di sisi lain berdasarkan data Pusdalops BPBD Kabupaten Sukabumi menyebutkan, dalam kurun waktu Januari hingga pekan pertama Maret 2017 tercatat sebanyak serratus kejadian bencana. 

Di mana, bencana yang paling mendominasi adalan tanag longsor. Sementara bencana lainnya yakni banjir bandang, angin kencang, pergerakan tanah, gempa bumi, dan lain sebagainya.

Post a Comment

0 Comments