About Me

header ads

Jangan di Kucek, Ini Cara yang Benar Untuk Atasi Mata yang Gatal

Rasa gatal bisa muncul pada setiap bagian tubuh, tak terkecuali pada mata. Nah, ketika mata terasa gatal, mengucek mata menjadi hal yang kerap dilakukan. 

Menanggapi hal ini, dr Endang Johani SpM dari RS Siloam Lippo Village Karawaci mengatakan, ketika mata terasa gatal sebaiknya hindari mengucek mata. Sebab, sel pada kornea mata sangat halus sehingga bisa rentan mengalami kerusakan.

"Solusinya bisa dengan melakukan kompres dingin. Ambil dua lembar kapas kosmetik, celupkan pada air es, peras, lalu kompres selama 1-3 menit. Kemudian ulangi beberapa kali sampai mata terasa nyaman," kata dr Endang.

Hal tersebut juga diamini oleh dr Zeiras Eka Djamal, SpM yang dihubungi terpisah. Ia mengatakan, mengucek mata saat ada rasa gatal akibat masuknya debu misalnya, justru dapat berisiko mencederai mata karena debu dapat menggores permukaan mata ketika mata dikucek.

"Jadi nggak disarankan mengucek mata. Solusinya, jika gatal kedipkan mata saja beberapa kali karena ini bisa jadi tanda iritasi," ucap dokter yang praktik di Jakarta Eye Center (JEC) ini.

Nah, saat rasa gatal tak kunjung berkurang, dr Zeiras menyarankan untuk menggunakan obat yang mengandung steroid untuk mengatasi mata iritasi. Namun jika rasa gatal tak kunjung sembuh, segeralah memeriksakan diri ke dokter.

Lantas, benarkah mengucek mata dapat menyebabkan mata minus? Menurut dr Endang, hal ini tidak ada hubungannya. Pasalnya, refraksi anomali atau mata minus, plus, silinder disebabkan oleh kelainan bentuk dan ukuran bola mata.

Post a Comment

0 Comments