About Me

header ads

Cerita Petugas Pakai Air Got Saat Padamkan Api di Tambora

JAKARTA, KUPAS.CO.ID- Petugas pemadam kebakaran mengeluhkan air bercampur lumpur saat proses pemadaman api di Jl Sawah Lio, Tambora Jakarta Barat (24/1). Mereka mengambil air dari kali yang berada di dekat lokasi kebakaran.

"Ya jelas (mengganggu) pak. Makanya mesinnya sering pada rusak, pompa kita kotor. Kan lumpur lembek, jadi sering ke sedot. Tarikannya juga jadi tidak maksimal," Rabu (25/1/2017).

Menurut Rompis, kesulitan akan bertambah jika menangani pemukiman padat penduduk. Mereka sering menggunakan got untuk sumber air.

"Tahu sendiri kan got gimana kondisinya. Tapi beberapa sungai juga ada lumpurnya, banyak," ujar Rompis.

Meski ada masalah seperti lumpur, hal itu tidak menyurutkan semangat pemadam mematikan api. Slogan 'Pantang Pulang Sebelum Padam' tetap dijadikan pedoman.

"Tapi, bukan berarti menyerah, kita juga berjuang. Dibersihkan (selangnya), dikeruk lagi. Biasa lah kalau pemadam mah," kata Rompis.

Rompis mengatakan, hambatan akan berkurang jika petugas mengambil air dari sungai yang besar dan airnya jernih.

"Kalau airnya bening terus mah enak. Aman-aman saja. Misalkan di seberang ada kali gede, ya enak banget itu. Kita nggak pusing-pusing lagi. Kalau sekarang masih mending lah, kali (besar) dikatakan lebih bersih," ujar Rompis.

Post a Comment

0 Comments